Berita

Nunung jadi eks anggota Srimulat kelima yang terjerat kasus narkoba/Net

Hukum

Kritik Penangkapan Nunung, Ombudsman Perlu Baca Pasal 55 UU Narkotika

MINGGU, 21 JULI 2019 | 15:58 WIB | LAPORAN: MEGA SIMARMATA

Penangkapan dan penetapan status tersangka terhadap komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung dalam kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu, mendapat kritikan dari Ombudsman RI (ORI). Ombudsman menyoroti standar baku rehabilitasi tahanan kasus penyalahgunaan narkoba.

"Penangkapan komedian Indonesia, Tri Retno Prayudati alias Nunung akan menambah daftar panjang penghuni lapas, jika sistem rehabilitasi belum menjadi program prioritas pemerintah dalam menangani perkara penyaahgunaan narkoba. Sebagaimana data saat ini jumlah penghuni lapas mengalami overcrowded, dengan 50 persen dari kurang lebih 250 ribu pelaku tindak pidana narkoba," kata anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/7).

Ninik lantas mengimbau kepada seluruh penegak hukum, mulai Penyidik, Jaksa Penuntut Umum, dan Hakim supaya mengubah cara mereka ketika menangani perkara penyalahgunaan narkoba agar tidak terjadi maladministrasi pemidanaan.

Selain itu, Ninik menilai bahwa upaya melakukan perubahan terhadap pelaku penyalahgunaan lewat rehabilitasi juga belum efektif.

Nah, dalam hal rehabilitasi, semua sudah diatur secara lengkap dalam Undang Undang yaitu UU Nomor 55 Tahun 2009 Tentang Narkotika.
Pasal 55 berbunyi sebagai berikut:
(1) Orang tua atau wali dari pecandu narkotika yang belum cukup umur wajib melaporkan kepada pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, dan/atau lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk mendapatkan pengobatan dan/atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

(2) Pecandu narkotika yang sudah cukup umur wajib melaporkan diri atau dilaporkan oleh keluarganya kepada pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, dan/atau lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk mendapatkan pengobatan dan/atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Mengacu kepada Pasal 55 UU Narkotika, maka pihak keluarga Nunung dapat dipidana jika seandainya mereka mengetahui tapi tidak melaporkan bahwa Nunung seorang pecandu narkotika.

Lebih rinci lagi diatur dalam Pasal 134 ayat 2 UU Narkotika. Bahwa keluarga dari pecandu narkotika sebagaimana dimaksud pada ayat 1 yang dengan sengaja tidak melaporkan pecandu narkotika tersebut dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau pidana denda paling banyak Rp 1 juta.

Dalam kasus Nunung, saat ini petugas Kepolisian dari Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pun tengah memburu bandar narkoba yang memasok sabu kepada sang komedian.  Mata rantai jaringan narkoba itu yang sedang ditelusuri.

Dan, tidak ada yang salah dari proses penangkapan yang dilakukan para petugas dari Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.
Jadi, berkenaan dengan masalah rehabilitasi,  tampaknya kali ini Ombudsman kurang tepat kritiknya. Karena soal rehabilitasi, ada diatur secara rinci dalam Undang Undang.

Dalam kasus Nunung, sebagai anggota Kelompok Lawak Srimulat, harusnya dia mengambil hikmah dari kasus-kasus penangkapan terhadap eks anggota kelompok tersebut yang terjadi sejak 2000.

Nunung adalah anggota Srimulat kelima yang terjerat narkoba. Sebelum Nunung, ada 4 anggota Srimulat yang tertangkap dan mendekam di penjara karena kasus narkoba.

Yang pertama, ada Barata Nugraha alias Polo yang ditangkap pada 2000 di kawasan Jakarta Pusat.

Kala itu, polisi menyita sabu sebagai barang bukti. Polo pun dijatuhi hukuman penjara selama beberapa bulan. Namun rupanya Polo tak jera. Ia kembali ditangkap dengan kasus serupa pada 2004.

Yang kedua adalah Sudarmaji alias Doyok. Dia terjerat narkoba juga pada 2000. Doyok dijatuhi hukuman pidana 1 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Tangerang karena terbukti bersalah mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Berikutya giliran Margono alias Gogon yang tertangkap menggunakan ekstasi pada 2007. Ia ditangkap di tempat tinggalnya di kawasan Tangerang, Banten. Atas perbuatannya, Gogon harus mendekam di penjara selama 4 tahun.

Tessy menjadi anggota Srimulat keempat yang ditangkap di kawasan Bekasi, pada Oktober 2014. Dari tangannya polisi menyita narkoba jenis sabu seberat 1,6 gram.

Saat dalam perjalanan ke kantor polisi, Tessy sempat muntah-muntah. Setelah diselidiki, ternyata Tessy meminum cairan pembersih lantai di kamar mandi saat polisi menggeledah kediamannya kala itu.

Kasus Tessy kemudian disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Bekasi, Jawa Barat. Majelis hakim menjatuhkan hukuman 10 bulan penjara terhadapnya dengan rehabilitasi di rumah sakit.

Pepatah mengatakan, pengalaman adalah guru yang terbaik.

Harusnya kisah pilu penangkapan terhadap rekan-rekannya sesama komedian eks Srimulat dalam kasus penyalalahgunaan narkoba yang terjadi selama 19 tahun ini, bisa menjadi pembelajaran untuk Nunung. Bahwa sebenarnya narkoba haruslah dijauhi.

Populer

Ini Kronologi Perkelahian Anggota Brimob Vs TNI AL di Sorong

Minggu, 14 April 2024 | 21:59

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Resmi Tersangka KPK

Selasa, 16 April 2024 | 07:08

Rusia Pakai Rudal Siluman Rahasia untuk Bombardir Infrastruktur Energi Ukraina

Jumat, 12 April 2024 | 16:58

Pemberontak Menang, Pasukan Junta Ngacir Keluar Perbatasan Myawaddy

Kamis, 11 April 2024 | 19:15

Megawati Peringatkan Bakal Terjadi Guncangan Politik Setelah Jokowi Jadi Malin Kundang

Kamis, 11 April 2024 | 18:23

Tim Kecil Dibentuk, Partai Negoro Bersiap Unjuk Gigi

Senin, 15 April 2024 | 18:59

Mau Perang Tapi Kere, Bagaimana?

Senin, 15 April 2024 | 12:34

UPDATE

Undip Pastikan Telusuri Dugaan Pelecehan Seksual Meski Belum Terima Laporan Korban

Jumat, 19 April 2024 | 14:03

FBI Tuding Hacker Tiongkok Siapkan Serangan Dahsyat untuk Hancurkan Amerika

Jumat, 19 April 2024 | 13:51

Masuk Bursa Cagub Jabar dari PDIP, Ono Surono: Kalau Ada Instruksi, Maju

Jumat, 19 April 2024 | 13:44

Kebakaran Ruko di Mampang Diduga Akibat Ledakan Kompresor

Jumat, 19 April 2024 | 13:27

Din Syamsuddin Ajak Massa Aksi Dukung MK Tegakkan Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Jumat, 19 April 2024 | 13:24

Saint Kitts dan Nevis Konsisten Dukung Otonomi Sahara Maroko

Jumat, 19 April 2024 | 13:15

Hingga Jumat Siang Tak Kunjung Hadir di KPK, Gus Muhdlor Mangkir?

Jumat, 19 April 2024 | 13:10

Beda dengan Erick Thohir, Airlangga Minta BUMN Tidak Borong Dolar di Tengah Konflik Iran-Israel

Jumat, 19 April 2024 | 13:00

Lion Air Group: Dua Penyelundup Narkoba Karyawan Pihak Ketiga

Jumat, 19 April 2024 | 12:55

Dukung Optimalisasi Pengawasan Pemilu, PAN-RB Tambah Formasi ASN Bawaslu

Jumat, 19 April 2024 | 12:50

Selengkapnya