Berita

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa/RMOL

Nusantara

Monas Dialihkan, Calon Penumpang KAI Diminta Atur Waktu Perjalanan

KAMIS, 27 JUNI 2019 | 11:14 WIB | LAPORAN:

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mengimbau para calon penumpang untuk mengatur waktu keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi risiko keterlambatan jika terjebak macet akibat penumpukan kendaraan dan kesulitan menuju Stasiun Gambir.

Pasalnya, beberapa ruas jalan di Kawasan Monumen Nasional (Monas) kemarin ditutup dan adanya pengalihan arus lalu lintas oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Diprediksi, hal ini juga terjadi hari ini.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, meski berpotensi terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan sekitar Stasiun Gambir, namun operasional kereta api (KA) tetap berjalan normal.

"Kami tidak memberlakukan rekayasa pola operasi berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara. Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh calon penumpang agar mengatur waktu perjalanannya menuju stasiun. Hal ini guna menghindari calon penumpang ketinggalan kereta,” jelasnya melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (27/6).

Sebagai informasi, pada hari ini total ada 35 keberangkatan KA dari Stasiun Gambir yang terdiri dari 32 KA Reguler dan 3 KA Tambahan. Diperkirakan terdapat 13.061 penumpang yang berangkat dan 13.924 penumpang yang turun dari stasiun Gambir.

Sedangkan untuk rata-rata penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir setiap harinya, sekitar 10.000 penumpang saat weekday dan 15.000 saat weekend.

Selain memberi imbauan kepada calon penumpang KA, PT KAI Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas keamanan di Stasiun Gambir.

“Kami telah menurunkan 28 petugas pengamanan dan tambahan 2 petugas dari TNI. Untuk keamanan sesuai SOP yang ada pemeriksaan barang bawaan juga menggunakan metal detector di area boarding gate,” tambah Eva.

Selain itu, PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kepada calon penumpang agar menyiapkan kartu identitas yang asli saat melakukan pemeriksaan boarding pass dan pastikan nama yang tertera pada tiket/kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas.

Populer

UPDATE

Selengkapnya