Berita

Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto/Net

Pertahanan

Tito & Hadi Soulmate

Kompak Jaga Natal
RABU, 27 DESEMBER 2017 | 11:00 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

Natal tahun ini berlangsung aman. Hal ini tak lepas dari kompaknya Polri dan TNI dalam menjaga perayaan hari raya umat Kristiani itu. Dua petinggi lembaga itu, Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto seperti soulmate.

Kapolri dan Panglima TNI, kompak berkeliling ke tiga gereja, yakni HKBP Menteng, Gereja Katedral, dan Gereja Immanuel pada Minggu (24/12) malam lalu. Kunjungan ke tiga gereja itu merupakan pesan simbolik, untuk meyakinkan bahwa kegiatan ibadah di malam Natal berjalan dengan aman dan lancar. Di Gereja Katedral, keduanya juga mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristiani.

Senin (25/12) malam, keduanya kembali bertemu di rumah politikus PDIP Maruarar Sirait. Ara, sapaan akrab Maruarar, menggelar open house di rumahnya kawasan Bintaro.

Kedua "ujung tombak" penegakan hukum Tanah Air ini tampak akrab dalam acara yang dihadiri sekitar 500 tokoh lintas agama itu.

Beberapa di antaranya, Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Mulyadi P Tamsir dan Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Sahat Martin Philip Sinurat, serta puluhan aktivis Banser.

Hadir pula sejumlah politikus seperti politikus Golkar Idrus Marham, Misbakhun, dan Zainudin Amali. Ada juga Wali Kota Bogor Bima Arya, politikus PDIP Rieke Dyah Pitaloka, dan tokoh NU Yenny Wahid.

Tito dan Hadi mengisi acara dengan bernyanyi. Sedikitnya lima tembang dilantunkan Tito. Sementara Hadi lebih sedikit. Selain bernyanyi, keduanya menyempatkan diri berswafoto dengan masyarakat yang hadir di kediaman keluarga Ara.

Suasananya begitu cair. Berbagai lagu-lagu daerah dari ujung Indonesia paling Barat hingga ujung Timur mengalun semarak di rumah anak politikus senior Sabam Sirait itu. Lagu-lagu itu dilantunkan artis papan atas seperti Lea Simanjuntak, Ita Purnamasari, Berlian Hutauruk, Rita Butar-Butar, Rani Simbolon dan RNB Trio.

Di sela-sela acara itu, Kapolri berterimakasih pada Panglima TNI yang membantu menjaga perayaan Natal hingga berlangsung aman. Sementara Panglima menegaskan, korps baju loreng akan terus mendukung apa yang menjadi kebijakan Polri dalam berbagai kegiatan. Termasuk, pengamanan Tahun Baru 2018. "Saya akan dukung full," tegas Hadi. "Dengan hati yang tulus saya akan mendukung Polri all out dan mengajak prajurit saya untuk melaksanakan kegiatan sesuai yang diamatkan UU TNI No 34 2004," imbuh Hadi.

Hadi menambahkan, saat ini masyarakat dapat merasakan soliditas Polri dan TNI. Hal ini kata dia, akan ditingkatkan di masa mendatang. "Urusan keamanan adalah tugas TNI-Polri. Semua sudah kita yakinkan semua akan aman," ujar Panglima TNI.

Hadi pun mengaku sangat bahagia dapat bekerjasama dengan Polri. Dengan solidnya kedua institusi itu, tujuan Polri dan TNI, yakni kedamaian di Tanah Air, akan tercapai. "Saya sangat berbahagia dapat bekerja sama dengan Kapolri Pak Tito karena apa? Memang tujuan saya di hati yang paling dalam saya menginginkan rakyat Indonesia bisa tidur dengan damai dan aman menikmati kekayaaan alam di bumi pertiwi ini," tandasnya.

Sementara Ara mengapresiasi kinerja TNI dan Polri dalam pengamanan Natal. Menurutnya, perayaan Natal yang aman merupakan kado terindah dari TNI dan Polri, serta pemerintah dan negara bagi umat Kristiani di Indonesia.

Dia mengatakan, kekompakan Kapolri-Panglima TNI akan menjadi contoh bagi aparat di lapangan untuk menjaga Pancasila.

"Indonesia butuh contoh seperti kekompakan antara Kapolri dan Panglima TNI. Sejarah di Polri dan TNI sedang dibuat," ujarnya.

Senada, Ketua HMI Mulyadi berharap, Kapolri dan Panglima TNI tetap kompak agar tujuan bangsa yakni menjadi bangsa maju serta mewujudkan masyarakat sejahtera, adil, dan makmur bisa tercapai. "Kapolri dan Panglima TNI harus tetap solid, menjadi soulmate," tuturnya.

Sementara Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Marthin Sinurat juga mengungkapkan terimakasihnya kepada Kapolri, Panglima TNI, dan juga Banser NU karena mampu menjaga Natal berlangsung damai. Sekitar tiga jam Kapolri dan Panglima TNI berada di rumah Ara. ***

Populer

Jokowi Kumpulkan Kapolda Hingga Kapolres Jelang Apel Akbar Pasukan Berani Mati, Ada Apa?

Kamis, 12 September 2024 | 11:08

Diamnya 4 Institusi Negara Jadi Tanda Akun Fufufafa Milik Gibran

Minggu, 15 September 2024 | 08:14

Soal Video Winson Reynaldi, Pemuda Katolik: Maafkan Saja, Dia Tidak Tahu Apa yang Dia Perbuat!

Senin, 09 September 2024 | 22:18

Petunjuk Fufufafa Mengarah ke Gibran Makin Bertebaran

Kamis, 12 September 2024 | 19:48

Prabowo Bisa Ajukan Penghentian Wapres Gibran Setelah 20 Oktober

Minggu, 15 September 2024 | 10:26

KAHMI Kumpulan Intelektual Banci?

Sabtu, 14 September 2024 | 14:45

Jagoan PDIP di Pilkada 2024 Berpeluang Batal, Jika….

Minggu, 08 September 2024 | 09:30

UPDATE

Tagar #FufufafaAdalahGibran Trending di X

Selasa, 17 September 2024 | 10:06

Heru Budi Bersyukur Tidak Diusulkan jadi Pj Gubernur Jakarta

Selasa, 17 September 2024 | 10:01

Trump Pantang Mundur Meski Hampir Dua Kali Terbunuh

Selasa, 17 September 2024 | 09:57

Berkat Jeruk Bali dan Durian Ekspor Buah Vietnam Hasilkan Rp71,2 Triliun

Selasa, 17 September 2024 | 09:56

Jurusan Sains Data Tawarkan Peluang Karier Luas di Bidang Industri

Selasa, 17 September 2024 | 09:49

Meta akan Gunakan Postingan Publik untuk Melatih Model AI

Selasa, 17 September 2024 | 09:39

Israel Rekrut 30.000 Migran Afrika Jadi Tentara

Selasa, 17 September 2024 | 09:38

Potensi Kerugian Penambangan Pasir Laut Lebih Gede

Selasa, 17 September 2024 | 09:30

Gerakan Coblos Semua Paslon Kerjaan Segelintir Oknum Relawan Anies

Selasa, 17 September 2024 | 09:20

Makin Moncer, ADHI Sukses Kantongi Kontrak Baru hingga Rp13,6 Triliun

Selasa, 17 September 2024 | 09:17

Selengkapnya