Berita

Foto: Kapten Laut (KH) Aripudin

Pertahanan

Serunya Lomba Hari Merdeka Di Kamp Pasukan Garuda

SENIN, 21 AGUSTUS 2017 | 09:48 WIB | LAPORAN:

RMOL.  Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Batalyon Komposit TNI Konga XXXV-C/Unamid (United Nations Mission In Darfur) atau Indobatt-03 turut menggelar upacara peringatan HUT ke-72 kemerdekaan RI di Lapangan Apel Indobatt-03, El Geneina, Sudan, Afrika.

Dalam amanat Kepala Staf Umum TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan yang dibacakan oleh Dansatgas Indobatt-03 Letkol Inf Syamsul Alam, mengatakan bahwa peringatan HUT kemerdekaan pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kepada para pejuang dan para pahlawan sejati, yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan.

"Sebagaimana kita pahami bersama, bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk, terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat dan budaya karena setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga kita harus menjaga dan merawatnya, caranya, tiada lain adalah menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan," kata Kasum TNI.

TNI harus menjadi perekat kemajuan bangsa, karena  merupakan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan kebhinekaan.

"Saya tekankan kembali kepada segenap seluruh prajurit TNI bahwa keberadaan kalian harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di sekelilingnya, kalian semua memiliki peran penting dalam membangun bangsa dan ikut serta dalam melanjutkan pembangunan nasional," tegasnya.
 
Lebih lanjut Kasum TNI mengingatkan untuk senantiasa mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, sebagai komitmen moral prajurit dalam membantu meringankan kesulitan masyarakat di sekelilingnya. Di samping itu juga membangun kebersamaan dan komunikasi sosial dengan masyarakat guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta perkokoh persatuan dan kesatuan nasional.

"Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit yang telah melaksanakan tugas dengan baik, penuh dedikasi dan tanggung jawab, dimanapun bertugas diseluruh tanah air, maupun yang sedang bertugas di luar negeri," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan penampilan seni 'Culture Event' seperti Tari Papua, Tari Kecak Dero, Marawis, Jaipong Sulawesi, dan lomba-lomba bersama TCC (Trops Contributing Country) yang berada di Super Camp.

Sementara itu, Dansatgas Indobatt-03 menyampaikan bahwa tiap tahun masyarakat Indonesia selalu rutin merayakan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah lomba 17-an.

"Entah sejak kapan lomba itu dimulai pertama kali dilakukan, namun tradisi lomba sudah ada sejak zaman dahulu kala, tentunya setelah Indonesia Merdeka," tutur Dansatgas Indobatt-03.
 
Lomba 17-an yang diikuti 28 peserta mewakili masing-masing kompi kali ini diawali dari lomba gigit tarik koin, makan krupuk, lari estapet kelereng, masukan paku ke dalam botol dan terakhir lomba lari bakiak, untuk juara diambil 1,2,3 untuk setiap cabang lomba dan masing-masing juara akan diberikan hadiah pada malam inagurasi.

Letkol Inf Syamsul Alam menyampaikan bahwa lomba yang digelar ini bertujuan agar para peacekeepers Indobatt-03 bisa berkumpul, serta mengingat kembali perjuangan para pahlawan saat membela bangsa Indonesia dengan keringat dan darah.

"Bedanya lomba 17-an ini hanya mengeluarkan keringat dan canda tawa serta kelucuan yang terjadi selama pelaksanaannya, biasanya banyak lomba-lomba yang digelar di tiap-tiap pelosok kampung di seluruh Indonesia, tapi kali ini dilaksanakan di wilayah Sudan bagian Barat, Afrika," katanya.

Turut hadir pada acara tersebut Brigjen Asrat Ahmad (Etiopia) Komandan Sector West, Minister HoO, Minister of Education, Kolonel Joko Sudiono Komandan Kontingen Garuda, Minister of Health, Locality Commissioner, SC, Police SC, SMSO and guests of honor, dan Pejabat Unamid lainnya, beberapa Perwira Satgas serta prajurit Garuda Indobatt-03.[wid]

 

Populer

Demo di KPK, GMNI: Tangkap dan Adili Keluarga Mulyono

Jumat, 20 September 2024 | 16:22

Mantan Menpora Hayono Isman Teriak Tanah Keluarganya Diserobot

Jumat, 20 September 2024 | 07:04

KPK Ngawur Sebut Tiket Jet Pribadi Kaesang Rp90 Juta

Rabu, 18 September 2024 | 14:21

Kaesang Kucing-kucingan Pulang ke Indonesia Naik Singapore Airlines

Rabu, 18 September 2024 | 16:24

Fufufafa Diduga Hina Nabi Muhammad, Pegiat Medsos: Orang Ini Pikirannya Kosong

Rabu, 18 September 2024 | 14:02

Kaesang Bukan Nebeng Private Jet Gang Ye, Tapi Pinjam

Rabu, 18 September 2024 | 03:13

Makin Ketahuan, Nomor Ponsel Fufufafa Dicantumkan Gibran pada Berkas Pilkada Solo

Senin, 23 September 2024 | 09:10

UPDATE

Sirkuit Mandalika Dapat Pujian dari Alex dan Marc Marquez

Jumat, 27 September 2024 | 20:07

Jokowi Bakal Serahkan Tanda Kehormatan untuk KRI Nanggala 402

Jumat, 27 September 2024 | 20:05

Singgung Masalah Keluarga, Paslon Nadi Dinilai Diskreditkan Perempuan

Jumat, 27 September 2024 | 19:47

Gugatan Praperadilan Ditolak, Status Tersangka Halim Ali Makin Kuat

Jumat, 27 September 2024 | 19:28

Aset Bank Mandiri Tumbuh 46 Persen Sejak 2020

Jumat, 27 September 2024 | 19:18

Akademisi: Jaksa Tidak Berwenang Jadi Penyidik Kasus Korupsi

Jumat, 27 September 2024 | 19:15

Shigeru Ishiba Menang Pemilu LDP, Siap Jadi PM Jepang Berikutnya

Jumat, 27 September 2024 | 19:14

AHY Resmikan Program Perbaikan Rumah di Jakarta Pusat

Jumat, 27 September 2024 | 18:56

Septic Tank di Tiongkok Meledak, Tinja Menyembur Hingga 10 Meter

Jumat, 27 September 2024 | 18:52

DKPP Minta Kantor Perwakilan di Setiap Provinsi

Jumat, 27 September 2024 | 18:51

Selengkapnya