Berbagai kekurangan terus dilengkapi PT Angkasa Pura (AP) II Persero seiring dioperasionalkannya TermiÂnal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, CengÂkareng. Operator bandara pelat merah itu melakukan pelebaran jalan di area penÂjemputan Terminal 3 untuk mengatasi kemacetan panÂjang yang masih terjadi di Terminal 3.
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama AP II, Djoko Muratmodjo mengatakan, pengembangan inÂfrastruktur terus dilakuÂkan untuk meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang di Bandara Soetta.
"Soal kemacetan meÂmang jadi fokus kita untuk dibenahi. Kepadatan terjadi karena banyak kendaraan pribadi yang masuk ke banÂdara parkirnya di pinggir jalan, sekarang ruas jalanÂnya kita lebarkan agar tidak menumpuk," kata Djoko.
Pelebaran jalan ini, lanÂjut dia, diharapkan bisa mengurai kemacetan yang masih terjadi di area TerÂminal 3. Selain pelebaran jalan, pihaknya juga meÂnyediakan fasilitas parkir tingkat sehingga memuÂdahkan masyarakat yang menjemput keluarganya.
"Kami juga sediakan area parkir tambahan di Terminal 3 existing. AP II ingin memÂberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa bandara sehingga para pengguna semakin terfasilitasi dengan baik," tegasnya.
Tak hanya itu, Djoko meÂnyebut, keberadaan pintu ruang tunggu keberangkaÂtan juga telah ditambah dari sebelumnya lima pintu, kini menjadi sebanyak tujuh pintu. Begitu juga dengan fasilitas dan sistem penunÂjang operasional penerbanÂgan lainnya.
Ia menegaskan, Terminal 3 saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan baru beroperasi sekitar 40 persen dari total yang direncanakan.
"Evaluasi akan terus diÂlakukan mengingat Terminal 3 yang ada juga harus segera direnovasi agar dapat diinteÂgrasikan dengan Terminal 3 baru, sehingga nantinya menjadi satu kesatuan yang utuh," katanya.
Djoko menegaskan, bahwa aspek pelayanan menjadi perÂhatian utama perseroan. Oleh karena itu, Angkasa Pura II tetap berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan di bandara, khususnya Terminal 3 secara berkelanjutan.
Dia menambahkan, perseÂroan juga telah melakukan penanganan terhadap seÂjumlah gangguan yang terjaÂdi pada hari pertama antara lain seperti sistem kelistriÂkan. Menurutnya, gangguan listrik sudah diperbaiki, dan sudah berjalan normal.
"Proses penumpang menuÂju pesawat juga sudah lancar, dan tidak terjadi penumpukan di boarding gate. Arahan atau informasi kepada penumpang juga ditingkatkan, melaÂlui petugas
costumer service mobile," tegasnya. ***