Berita

foto:net

On The Spot

Pengunjung RSUP Fatmawati Ada Yang Pilih Naik Tangga

Takut Lift Jatuh Lagi
RABU, 22 JUNI 2016 | 09:18 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

Lift yang berada di Gedung Teratai RSUP Fatmawati, merupakan lift model lama.
 
Garis polisi (police line) yang membentuk huruf "X" terpam­pang di depan pintu lift nomor 2, Gedung Teratai Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Pintu lift dalam kondisi tertutup. Dua buah plang peringa­tan lantai basah yang dihubung­kan dengan tali, dipasang di depannya sebagai penghalang.

Lift tersebut ditutup sementara setelah mengalami kecelakaan Minggu lalu. Lift tersebut se­dang beroperasi dari lantai enam ke lantai dasar. Saat di lantai lima hingga tiga, lift bekerja dengan normal. Tapi saat mulai turun dari lantai tiga, tiba-tiba lift anjlok dan langsung jatuh ke lantai dasar. Pintu lift pun langsung terbuka begitu tiba di lantai dasar.

Akibat kejadian itu, seorang pengunjung bernama Etti Tri Ratno (73) mengalami luka retak di bagian enggel kaki kanan. Korban atas nama Nurhasanah mengalami memar atau benjol di bagian kepala. Sedangkan tiga korban lainnya mengalami trauma. Oleh satpam rumah sakit, seluruh korban dibawa ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) untuk mendapatkan pertolongan.

Saat ini keluarga pasien dan para staf RSmenggunakan lift nomor 1, atau tangga darurat untuk naik-turun. Lift nomor 1 yang terletak tepat di sebelah­nya, beroperasi secara normal. Tak hanya keluarga pasien, perawat yang membawa pasien menggunakan tempat tidur pun, menggunakan lift tersebut sepertibiasa.

"Rasa waswas sih masih ada. Cuma karena kemarin suster saya lihat sudah bolak-balik bawa pasien naik lift ini, jadi saya sekarang ikut," ujar seorang pengunjung bernama Masdi.

Maksud kedatangannya ada­lah untuk menjenguk sang istri yang dirawat di lantai empat. Tapi sebelumnya, Masdi memi­lih untuk menggunakan tangga. Ketika itu dirinya masih sangat khawatir untuk ikut menggu­nakan lift. "Kemarin, pas mau naik lift itu ada rasa khawatir. Mungkin karena baru kejadian. Apalagi lift yang nomor 1 juga model lama," ucapnya.

Lift nomor 1 memang terlihat cukup jadul. Lift tersebut mirip lift barang yang berbentuk perse­gi panjang. Tombol lantainya ter­letak di dinding sebelah kanan, bukan yang berhubungan dengan pintu lift. Dindingnya yang ter­buat dari aluminium, dibiarkan polos tanpa pelapis lain.

Meski tampak jadul, namun lift tersebut bisa naik-turun den­gan cukup mulus. Pergerakannya tidak tersendat-sendat seperti lift tua kebanyakan. Saat berhenti di tiap lantainya pun tidak kasar. Maksudnya, tidak seperti ber­henti mendadak di satu lantai.

Direktur Utama RSFatmwati dr Andi Wahyuningsih Attas me­nyatakan, hal itu terjadi karena pihaknya melakukan pengece­kan rutin tiap satu bulan sekali. Kemarin, seluruh lift pun diper­iksa kembali untuk memastikan tidak adanya masalah. "Kalau kontrak service kami dengan PT MDS, punya jadwal tiap tiga bulan pengecekan. Semua dipelihara oleh pihak ketiga yang kompeten," ujarnya di RSUP Fatmawati.

Menurut dia, saat pengecekan satu bulan terakhir, kondisi lift menunjukkan tidak ada masalah. Dia pun membantah kabar, lift terjatuh karena sling putus. "Kemarin malam tim kepolisian dan Kementerian Kesehatan me­lihat bahwa slingnya tidak putus. Setelah kejadian itu, liftnya masih bisa naik turun walaupun tidak digunakan lagi karena disegel police line. Kalau sling putus tidak bisa lagi," terangnya.

Hasil investigasi sementara, lanjut Andi, semua tali sling aman. Pihaknya pun memperkirakan penyebab kecelakaan itu karena break-nya mengalami gangguan, sehingga lift berhenti. Dia menilai, jika slingnya putus, akibatnya akan lebih parah. Sebab, sling ibarat fraktur tulang belakang.

"Saat di lantai 4 muat 15 orang, satu orang sudah keluar di lantai tiga. Begitu keluar, lift nutup, langsung turun dikit dikit sampai lantai satu. Cuma karena tingginya 16 meter jadi begitu," jelas dia.

Ia sempat menyebut jatuhnya lift, diduga juga karena beban yang melebihi kapasitas. Adapun pengelola lift diketahui adalah PT MDS. Pihak Kepolisian saat ini masih meminta keterangan terkait pemeliharaan dan pera­watan lift.

"Seperti yang kita ketahui orang Indonesia sukanya desak-desakan. Kemarin, satu orang sempat keluar terus masuk la­gi, main-main. Padahal sudah kita siapakan empat lift untuk pengunjung," ujar dia.

Menurut Andi, peristiwa lift ambruk itu baru pertama kali terjadi sejak lift tersebut berop­erasi pada 1995. Namun de­mikian, pihaknya menyerahkan penelusuran penyebab insiden itu kepada polisi dalam proses penyelidikan. "Nanti biar polisi yang melakukan identifikasi," imbuhnya.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Andi, manajemen rumah sakit akan mengevaluasi kembali kontrak kerja dengan PT MDS, selaku operator lift yang jatuh itu. Jika hasilnya terdapat dug­aan kesalahan dari pihak ketiga itu, maka akan dilakukan pemu­tusan kontrak.

"Kalau itu teknis dari kesalahan pemeliharaan, kami bisa mengevaluasi pihak ketiga ini. Kalau soal kemungkinan pemutusan kontrak itu pasti dilakukan, tapi jika memang terbukti," tandasnya. ***

Populer

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Laksdya Irvansyah Dianggap Gagal Bangun Jati Diri Coast Guard

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:45

MUI Tuntut Ahmad Dhani Minta Maaf

Rabu, 02 Oktober 2024 | 04:11

Rhenald Kasali Komentari Gelar Doktor HC Raffi Ahmad: Kita Nggak Ketemu Tuh Kampusnya

Jumat, 04 Oktober 2024 | 07:00

Aksi Massa Desak Polisi Tetapkan Said Didu Tersangka

Kamis, 03 Oktober 2024 | 20:43

Stasiun Manggarai Chaos!

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 13:03

UPDATE

Jelang Lengser, Jokowi Minta Anak Buah Kendalikan Deflasi Lima Bulan Beruntun

Senin, 07 Oktober 2024 | 10:00

Kekerasan Terhadap Etnis Uighur Ubah Hubungan Diplomatik di Asteng dan Astim

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:57

Zulhas Janji akan Kaji Penyebab Anjloknya Harga Komoditas

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:49

2 Wanita ODGJ Hamil, Kepala Panti Sosial Dituding Teledor

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:46

Hubungan Megawati-Prabowo Baik-baik Saja, Pertemuan Masih Konsolidasi

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:36

Pasar Asia Menguat di Senin Pagi, Nikkei Dibuka Naik 2 Persen

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:30

Riza Patria Minta Relawan Pakai Medsos Sosialisasikan Program

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:29

Penampilan 3 Cawagub Dahsyat dalam Debat Pilkada Jakarta

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:26

Aramco Naikkan Harga Minyak Mentah Arab Light untuk Pembeli di Asia

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:17

PDIP Ingatkan Rakyat Tak Pilih Pemimpin Jalan Pintas

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:16

Selengkapnya