Berita

foto:net

On The Spot

Kali Dekat LTC Glodok Jadi Tempat Renang

Anak Sungai Ciliwung Agak Bersih Ketimbang Biasanya
KAMIS, 19 MEI 2016 | 09:03 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

Pemandangan anak Sungai Ciliwung ini sungguh ganjil. Agak bersih. Tak seperti biasanya, kotor dan bau banget.

Kali yang beradadi Jalan Labu, Kelurahan Mangga Besar, Jakarta Barat ini agak jernih. Biasanya butek dan bau sekali. Puluhan anak pun asyik bermain dan bermandi ria pada Selasa sore itu (17/5).

Sejak siang, hujan rintik-rintik membasahi sejumlah titik di Jakarta. Namun, Dian tetap asyik berenang bersama belasan te­mannya di kali yang berada tepat di belakang Gedung Lindeteves Trade Centre (LTC) Glodok, Jakarta Barat.

Puas berenang, anak berusia 12 tahun ini, menyandarkan tubuh­nya di pinggir kali yang cukup lebar. "Enak, di sini gratis, bisa berenang sepuasnya," ujar Dian.

Tak sendirian, Dian bersama belasan anak seusianya, asyik berenang. Tawa dan canda ter­dengar riuh. Saling lempar tanah meramaikan permainan mereka. Semakin sore, semakin banyakanak yang ikut nimbrung di sun­gai yang saat itu hanya berkeda­laman satu meter.

Bahkan, ada pula orang de­wasa ikut-ikutan mandi tanpa terlihat canggung. Menjelang Maghrib, mereka baru keluar dari kali. "Besok lanjut lagi. Sekarang mau pulang dulu," kata Dian yang rumahnya tidak jauh dari kali tersebut.

Setelah kali ini agak bersih ketimbang biasanya, Dian mengaku hampir setiap hari berenang di anak Kali Ciliwung itu bersama teman-temannya. "Setelah sekolah, langsung mandi di sini sampai sore," kata Dian yang hanya mengenakan kolor itu.

Berdasarkan pengamatan, kondisi kali ini agak jernih dibanding kebanyakan kali di Jakarta. Tidak terlihat sampah plastik, kardus, botol hingga kasur yang biasanya memenuhi kali. Kendati di pinggir sungai berderet rumah penduduk, namuntidak terlihat warga mem­buang sampah ke kali.

Banyak pengendara motor menghentikan laju kendaraannya demi melihat anak-anak bermain di kali selebar 7 meter itu.

Jono, penjual mie ayam yang tinggal di kawasan Labu, Mangga Besar, mengatakan, kali terse­but agak bersih sejak sebulan ini, karena setiap hari dibersihkan petugas Pemprov DKI Jakarta. "Karena kali bersih, anak-anak senang main di sini," ujar Jono.

Padahal, kata Jono, sebelum­nya sungai ini sangat kotor, bau, dan dangkal. "Sebelum dibersihkan, warnanya hitam, karena banyak sampah yang menumpuk di dasar kali," ceritanya.

Karena ingin melihat sungaibersih, lanjut Jono, seluruh warga Labu sepakat tidak membuang sampah di kali. Bahkan, yang ketahuan membuang sampah akan dikenakan denda oleh pihak kelurahan. "Alhamdulillah, seka­rang sudah tidak ada warga yang membuang sampah ke kali," syukurnya.

Lebih lanjut, kata Jono, wargayang ketahuan membuang sampah ke kali bisa difoto dan di­laporkan ke kelurahan. "Biasanya tiba-tiba ada surat denda dari ke­lurahan ke orang yang membuang sampah ke kali," tandasnya.

Dendanya pun lumayan besar. Jono menyebut, hingga puluhan ribu rupiah. Walhasil, sejak ada sanksi berupa denda tersebut, sudah sangat jarang warga mem­buang sampah ke kali.

Namun, lanjut Jono, dalam membersihkan sungai, warga tidak pernah ikut serta bergotong royong. Sebab, sudah ada "pa­sukan oranye" yang sehari-hari bertugas membersihkan sampah di kali itu.

Selain itu, menurutnya, pem­bongkaran warung-warung di pinggir kali, juga membuat tidak ada lagi sampah jajanan, sehingga sungai jadi bersih dan agak jernih.

Terpisah, Asisten Koordinator Badan Air Kecamatan Taman Sari Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, Nur Hidayat men­gatakan, untuk membersihkan anak Sungai Ciliwung di ka­wasan Glodok sehingga bisa menjadi jernih dan bersih, dibu­tuhkan waktu empat tahun.

"Kendala dalam membersi­hkan sungai adalah banyaknya sampah menumpuk di dasar kali," ujar Hidayat.

Kendala lainnya, kata dia, minimnya peralatan kebersihan seh­ingga pembersihan kalii memerlu­kan waktu yang lebih lama. Saat ini, lanjutnya, beberapa peralatan kebersihan, seperti saringan dan perahu apung untuk mengangkut sampah, dalam kondisi rusak.

Untuk mensiasatinya, kata Hidayat, petugas menggunakan saringan yang terbuat dari rang­ka kipas angin untuk menjaring sampah yang hanyut di kali.

"Kami sudah ajukan penyediaanalat-alat, tapi karena mungkin prosesnya lama di pemerintahan, ya kami tunggu saja," ujarnya.

Hidayat menambahkan, petugas Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Taman Sari membersihkan sampah di dasar sungai dengan menggu­nakan perlengkapan seadanya.Seperti cangkul, saringan, hinggaperahu apung.

Dalam sehari, kata dia, ada de­lapan petugas yang dikerahkan untuk membersihkan sampah dari hulu sungai. "Mereka bertu­gas mulai jam 8 pagi sampai jam empat sore," sebut Hidayat.

Padahal sebelumnya, lanjut Hidayat, sungai itu sangat kotor dan berwarna hitam, bahkan mengeluarkan bau tidak sedap. "Sampah kasur, plastik, sampai peralatan elektronik, pernah ditemukan di bantaran sungai itu," tandasnya.

Intinya, cara membersihkan kali ini manual. "Kami sisir dulu sampah, lalu merapikan pinggiran bantaran. Setiap hari dikerjakan," tuturnya. ***

Populer

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Laksdya Irvansyah Dianggap Gagal Bangun Jati Diri Coast Guard

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:45

MUI Tuntut Ahmad Dhani Minta Maaf

Rabu, 02 Oktober 2024 | 04:11

Rhenald Kasali Komentari Gelar Doktor HC Raffi Ahmad: Kita Nggak Ketemu Tuh Kampusnya

Jumat, 04 Oktober 2024 | 07:00

Aksi Massa Desak Polisi Tetapkan Said Didu Tersangka

Kamis, 03 Oktober 2024 | 20:43

Stasiun Manggarai Chaos!

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 13:03

UPDATE

Jelang Lengser, Jokowi Minta Anak Buah Kendalikan Deflasi Lima Bulan Beruntun

Senin, 07 Oktober 2024 | 10:00

Kekerasan Terhadap Etnis Uighur Ubah Hubungan Diplomatik di Asteng dan Astim

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:57

Zulhas Janji akan Kaji Penyebab Anjloknya Harga Komoditas

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:49

2 Wanita ODGJ Hamil, Kepala Panti Sosial Dituding Teledor

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:46

Hubungan Megawati-Prabowo Baik-baik Saja, Pertemuan Masih Konsolidasi

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:36

Pasar Asia Menguat di Senin Pagi, Nikkei Dibuka Naik 2 Persen

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:30

Riza Patria Minta Relawan Pakai Medsos Sosialisasikan Program

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:29

Penampilan 3 Cawagub Dahsyat dalam Debat Pilkada Jakarta

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:26

Aramco Naikkan Harga Minyak Mentah Arab Light untuk Pembeli di Asia

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:17

PDIP Ingatkan Rakyat Tak Pilih Pemimpin Jalan Pintas

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:16

Selengkapnya