Berita

ilustrasi

On The Spot

Dua Jalur Bengkok Diganti Rel Bekas

Polisi Olah TKP Di Perlintasan Pondok Betung Bintaro
RABU, 11 DESEMBER 2013 | 09:41 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

“Ting tong ting tong,” suara peringatan itu berbunyi di pintu perlintasan kereta api di Pondok Bentung, Bintaro, Jakarta Selatan, kemarin siang. Puluhan orang berhamburan ke tepi. Dua palang menutupi jalan dari kedua arah yang melintasi rel.

Lewat pengeras suara, penjaga pintu perlintasan kereta 57a, menyampaikan peringatan. “Kereta mau datang dari jalur dua. Harap menyingkir, kereta mau datang,” katanya. Jalur dua adalah arah dari Serpong Tangerang Selatan menuju Jakarta.

Lima menit, kereta commuter line muncul. Lajunya pelan. Jalur yang agak menikung membuat gerbong sedikit miring. “Hati-hati Pak, jaga kecepatan,” imbau penjaga perlintasan kepada masinis kereta. Setelah kereta lewat, orang kembali menyemut di sekitar rel.

Di lokasi ini, Senin lalu, kereta commuter line menabrak truk tangki pembawa BBM Pertamina. Dua gerbong terguling. Truk terbakar. Tujuh penumpang meninggal, 86 lainnya luka-luka. Para korban meninggal akibat luka bakar serius.

Sehari setelah kejadian, polisi mulai melakukan penyelidikan penyebab insiden itu. Pemantauan Rakyat Merdeka, polisi terlihat mengambil gambar lokasi kejadian dan melakukan pengukuran. Agar lokasi kejadian tak dimasuki orang, garis kuningan dibentangkan menutup jalan akses dari Bintaro ke Ulujami.

Orang menyemut menyaksikan polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Selain itu, mereka menyaksikan perbaikan rel dan perangkat sinyal yang rusak akibat kecelakaan. Delapan batang rel ditaruh di pinggir.

Rencananya rel di dua jalur di lokasi kecelakaan akan diganti. Satu batang sepanjang lima meter. “Ini rel bekas, empat rel didatangkan dari Jatinegara. Empat lagi dari Cisauk (Tangerang). Biar bekas masih bagus dan kuat, bisa tahan puluhan tahun,” kata Jepri, petugas perbaikan rel PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I.

Empat batang untuk mengganti rel jalur Jakarta-Serpong. Sisanya untuk jalur sebaliknya. Sepuluh pekerja dibagi menjadi dua tim untuk mengerjakan kedua jalur itu.
Jepri terlihat mengawasi ketua tim melakukan pergantian rel. Rel yang diganti sepanjang 10 meter di masing-masing jalur.

“Relnya ada yang bengkok. Saat ini bisa dilintasi asal pelan-pelan,” ujar Jepri yang menggenakan kaos berkerah biru dongker dengan tulisan PT KAI di dada.

Setelah kecelakaan, rel di jalur Serpong-Jakarta memang terlihat bergelombang. “Yang bengkok kita potong sekitar 10 cm dan diberi pen penyangga,” ujarnya sembari menunjuk rel yang sudah diperbaiki.

Sebuah besi dibentang di kedua rel di jalur Jakarta-Serpong. Besi untuk mengukur jarak maupun ketinggian kedua rel yang baru pasang. Setelah ukurannya dianggap pas, pekerja mengikat rel di bantalan beton dengan pen. Pen dipasang dengan cara mengebor bantalan beton.

Di seberangnya, pekerja masih mengerjakan rel jalur Serpong-Jakarta. Rel lama telah diganti. Rel baru terlihat belum lurus dan ketinggiannya tak sama. Sebab, rel itu belum dipasang pen.

Di bagian yang akan dipasang rel terdapat celah yang sudah digergaji sepanjang 10 cm. Menurut Jepri, pemasangan akan dilakukan setelah kereta terakhir dari Serpong melintas. Jalur ini pun ditutup sampai besok pagi.

Jepri menceritakan rel bekas yang menggantikan rel lama di lokasi kejadian akan disambung. Awalnya rel dilas. “Diberi kawat ferro craft  61 untuk menyambung baja rel. Kemudian atasnya diberi pengeras baja serupa cobalarc 350,” jelasnya.

Zulkifli, petugas dari Balai Yasa Manggarai turut mengawasi pergantian rel. Ia membenarkan rel yang dipakai adalah rel bekas. “Iya betul bekas,” ujarnya. Ia menolak memberikan keterangan lebih jauh. “Kalau mau tanya ke Humas KAI saja. Saya hanya tamu di sini.”

Perbaikan Dikebut Semalam, Pekerja Nginap Di Truk

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignatius Jonan memimpin langsung proses evakuasi gerbong yang terguling maupun perbaikan perangkat perkeretaan yang rusak setelah tabrakan commuter line dengan truk tangki BBM.

Mengenakan kemeja pendek putih seragam PT KAI, peraih penghargaan CEO BUMN itu juga terlihat menyambut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang datang melihat lokasi tabrakan Senin malam.

Jonan menongkrongi anak buahnya melakukan perbaikan di lokasi tabrakan hingga dini hari. Ia menuding sopir truk tangki BBM Pertamina sebagai penyebab kecelakaan.
Truk menerobos padahal palang pintu sudah diturunkan. Truk pun akhirnya tertabrak commuter line dari arah Serpong.

Menurut dia, petugas pintu perlintasan sudah bertindak sesuai prosedur yakni menurunkan palang dan menyalakan sirine sebelum kereta lewat.

“Sekarang saya tanya, siapa yang paling tanggung jawab? Coba baca Undang-undang Lalu Lintas Jalan Raya dan Undang-undang Perkeretaapian. Kan di situ dijelaskan, kan kalau di perlintasan itu, sebelum melintas harus berhenti, lihat kanan kiri, itu ada. Kan ada tanda palang silang begini. Jadi, dia itu harus berhenti,” katanya.

Setelah api yang membakar truk tangki dan gerbong padam, petugas dikerahkan untuk memperbaiki perangkat sinyal dan listrik yang rusak. Beberapa tiang menyangga arus listrik di pinggir rel terlihat bengkok.

Jefri, petugas perbaikan rel PT KAI Daop mengatakan timnya diturunkan di lokasi kejadian pada Senin malam. Malam itu juga rel pengganti jalur yang bengkok tiba. Tim hanya melakukan perbaikan sementara malam itu. Tujuannya agar rel bisa dilintasi commuter line. Selasa pagi, jalur Serpong-Jakarta sudah kembali dibuka. Kereta bisa melintasi di lokasi kejadian dengan kecepatan rendah.

Jefri dan timnya berada di lokasi kejadian sampai perbaikan selesai.

Namun mereka tak disediakan tempat tinggal. “Tidur di truk atau rumah warga aja,” kata Jefri. Sepuluh anak buahnya juga senasib.

Jalur bengkok yang akan diganti total setelah kereta terakhir dari Serpong dan Jakarta melintas. Jalur perlu ditutup agar tim bisa bekerja. Penggantian rel dimulai pukul 11 malam.

Jefri menjelaskan, pemasangan satu batang rel bisa memakai waktu tiga jam. Awalnya rel lama dicopot lalu diangkat dengan crane. Kemudian rel baru dipasang disambung dengan las dan diikat dengan pen.

Rel yang diganti sepanjang 10 meter di jalur Serpong-Jakarta dan Jakarta-Serpong. Jefri dan timnya ditargetkan pergantian harus selesai sebelum sebelum matahari terbit.
“Karena ada kereta pagi yang mau melintas. Melihat jalur tak rusak parah, Jefri optimistis pergantian rel bisa selesai sesuai tenggat waktu.

Sore kemarin,  Ignatius Djonan kembali melihat lokasi tabrakan bersama rombongan Jokowi didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sarwo Handayani dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Mangas Rudi Siahaan.

Dirut PT KAI dan gubernur DKI menyusuri jalur Jakarta-Serpong naik commuter line. Mereka turun di Stasiun Pondok Ranji. Di dalam kereta, dibicarakan rencana untuk membangun fly over maupun underpass di perlintasan kereta. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari kecelakaan. ***

Populer

Pernah Bertugas di KPK, Kapolres Boyolali Jebolan Akpol 2003

Senin, 07 Oktober 2024 | 04:21

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

Laksdya Irvansyah Dianggap Gagal Bangun Jati Diri Coast Guard

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:45

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Aduan Kebohongan sebagai Gugatan Perdata

Selasa, 08 Oktober 2024 | 10:03

Selebgram Korban Penganiayaan Ketum Parpol Ternyata Mantan Kekasih Atta Halilintar

Senin, 07 Oktober 2024 | 14:01

Stasiun Manggarai Chaos!

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 13:03

UPDATE

Anak Usaha Telkom Hadirkan DreadHaunt, Gim Bergenre Survival Horror

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:57

PDIP Bisa Dapat 3 Menteri tapi Terhalang Chemistry dengan Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:53

2 Jam 1 Meja

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:40

Dua Mantan Pegawai Waskita Karya Digarap Kejagung

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:38

KPK Sita 7 Mobil dan Uang Rp1 Miliar usai Geledah 10 Rumah

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:24

Bareskrim Bakal Bongkar Puluhan Artis dan Influencer Terlibat Promosi Judol

Rabu, 09 Oktober 2024 | 00:42

Mudahkan Warga Urus Paspor, Imigration Lounge Kini Hadir di Mal Taman Anggrek

Rabu, 09 Oktober 2024 | 00:19

KPK Cekal 5 Tersangka Korupsi Pencairan Kredit Usaha Bank Jepara Artha

Selasa, 08 Oktober 2024 | 23:52

Polisi Tangkap Penyekap Bocah 12 Tahun Selama Seminggu di Kalideres

Selasa, 08 Oktober 2024 | 23:42

KPK Usut Dugaan Korupsi Pencairan Kredit Usaha BPR Bank Jepara Artha

Selasa, 08 Oktober 2024 | 22:52

Selengkapnya