Berita

ilustrasi, parpol peserta Pemilu 2014 menggelar mudik gratis

On The Spot

Demokrat Borong Tiket Kapal, 3 Partai Sewa Bus

Parpol Ramai-ramai Gelar Mudik Gratis
JUMAT, 02 AGUSTUS 2013 | 10:02 WIB

Menjelang Lebaran, sejumlah parpol peserta Pemilu 2014 menggelar mudik gratis. Ada yang menyediakan bus hingga kapal laut. Peminatnya cukup banyak. Beberapa hari dibuka, semua jurusan mudik sudah penuh terisi.

Selebaran kertas ditempel di pintu dan dinding kaca depan kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat. “Mohon maaf, peserta mudik bareng tahun 2013 sudah penuh karena mobil terbatas,” demikian pengumuman di kertas itu.

“Kami buat pengumuman seperti itu karena masih ada saja yang datang untuk ikut mudik bareng. Mobil yang kami sediakan sudah penuh semua,” ujar  Panitia Mudik Gratis PKB Bambang Susanto.

Partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar ini menyediakan 75 bus untuk kegiatan mudik gratis. Setiap bus berkapasitas 60 tempat duduk. Pendaftaran dibuka sejak Jumat pekan lalu. Hanya dalam tempo tiga hari, semua kursi sudah terisi. “Pendaftaran sudah ditutup sejak Senin,” ujar Bambang.
 
Menurut Wakil Bendahara DPP PKB itu, para pemudik akan diberangkat serentak pada Minggu 4 Agustus. “Sekitar pukul satu siang dari daerah titik kumpul di Taman Ismail Marjuki dan Tugu Proklamasi, karena di depan kantor DPP PKB tak muat. Akan diberangkatkan secara simbolis oleh ketua umum,” kata bekas jurnalis ini.

Para pemudik gratis akan diantar ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur lewat 11 jalur. Yakni jalur Jakarta-Cilacap melewati Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Majenang. Jalur Jakarta-Semarang lewat Batang dan Kendal.

Jalur Jakarta-Wonogiri melewati Solo. Jalur Jakarta-Rembang lewat Demak, Kudus dan Jepara. Jalur Jakarta-Pati antara lain melewati Pekalongan lewat Brebes dan Tegal. Jakarta-Yogyakarta lewat jalur tengah melewati Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, dan Magelang. Juga lewat jalur Selatan melewati Purwokerto, Gombong, Kebumen, Purworejo.

Untuk tujuan Surabaya melewati dua jalur yakni selatan dan utara. Jalur selatan melewati Ngawi, Madiun, Nganjuk, Jombang, Mojokerto. Sedangkan jalur utara melewat Tuban, Lamongan, Gresik.

“Nanti, disediakan juga takjil untuk berbuka puasa, dan juga makanan untuk sahur selama perjalanan. Juga ada persiapan obat-obatan,” imbuh Bambang. Di setiap bus ada kepala rombongan.

Dana untuk mudik gratis ini, kata Bambang, dikumpulkan dari para anggota DPR, DPRD maupun kader PKB yang duduk di eksekutif. “Semuanya dari hasil saweran. Akhirnya bisa terkumpul dana untuk sewa 75 bus,” katanya.

PKB tak membatasi peserta mudik gratis ini. Namun kebanyakan adalah kalangan NU dan simpatisan partai itu.

“Namun dari luar NU juga bisa ikut. Ini bebas dan umum, selagi masih muat,” jelasnya. “Ada juga alumni-alumni pesantren yang berada di Jakarta yang saling berkomunikasi, dan mereka juga ikut mudik.”

Partai Demokrat juga menggelar program mudik bareng gratis. Sebanyak 500 tiket Kapal Motor (KM) Tidar dipesan untuk program ini. Para pemudik diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu lalu (31/7). Kapal itu akan mengantarkan pemudik ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan Bau Bau, Sulawesi Tenggara.

Ketua Panitia Mudik Bareng Partai Demokrat 2013 Letjen (Purn) Cornel Simbolon mengatakan, acara ini sebagai bentuk partisipasi dan terima kasih partainya kepada masyarakat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Partai Demokrat membekali para pemudik dengan makanan ringan dan obat-obatan. Diharapkan, para pemudik selalu sehat selama di perjalanan dan selamat sampai tujuan hingga bisa merayakan lebaran di kampung halaman.

Andi Timo Pangerang, Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR asal Sulawesi Selatan mengatakan, Partai Demokrat mengadakan mudik gratis untuk memberi kesempatan kepada perantau pulang bertemu keluarga.

“Saya mendengar ada yang baru bisa pulang setelah 10 tahun,” katanya.
Saat melepas pemudik, Wakil Sekjen Andi Nurpati menyampaikan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Harian Syarief Hasan, serta Sekjen tidak bisa ikut hadir karena kesibukannya.

“Partai Demokrat adalah partai politik pertama dan satu satunya yang mengadakan mudik gratis menggunakan kapal laut,” kata Andi Nurpati bangga.

Samsir pemudik asal Sulawesi Tenggara merasa terbantu dengan program mudik gratis ini. Awalnya, dia sudah pasrah tak bisa mudik karena tak punya uang. Namun dia mendengar Partai Demokrat membuka pendaftaran mudik gratis ke Sultra. Ia pun mendaftar.

“Semoga mudik gratis menggunakan kapal laut ini terus diadakan. Banyak orang yang belum tahu program ini,” katanya. 

Partai berlambang bintang Mercy itu juga menyediakan mudik gratis lewat jalur darat. Tujuannya sejumlah kota di Jawa dan Sumatera. Pemudik akan diberangkatkan bertahap dari Cibubur mulai 3 sampai 5 Agustus.

Partai Hanura juga membuat program mudik gratis. Partai yang dipimpin Wiranto ini hanya menyediakan 10 bus untuk mengangkut 500 pemudik. Satu bus tujuan Cirebon, 3 tujuan Tasikmalaya, 3 bus Yogyakarta dan 3 sisanya ke Surabaya.  Pemudik akan diberangkatkan pada 4 Agustus pukul 1 siang. Bertempat di depan Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Desak-desakan terjadi di kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN). Ratusan orang antre untuk mendaftar ikut mudik gratis yang digelar partai itu pada Rabu lalu. Wakil Sekjen Laurens Bahang Dama menargetkan tahun ini bisa memberangkatkan 13.559 pemudik ke sejumlah kota di Jawa dan Sumatera. Mereka akan diberangkatkan serentak pada 3 Agustus.

“Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa rencananya akan melepas secara resmi para pemudik dari parkir Hall A Basket, Senayan, Jakarta,” kata Laurens yang duduk di Komisi Perhubungan DPR itu.

Laurens menjelaskan warga yang mengikuti program mudik ini sebagian besar berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Tujuan mudik tersebar ke 67 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, dan Sumatera Selatan.

Tujuan terbanyak Jawa Tengah sebanyak 8.296 pemudik, Jawa Timur 3.245 pemudik, DIY sebanyak 895 pemudik, Jawa Barat 335 pemudik, Lampung 124 pemudik, dan Sumatera Selatan tujuan Lahat dan Palembang 295 pemudik.

Ada 255 armada bus eksekutif yang disediakan untuk mengangkut pemudik. “Sekitar 50 persen pendaftar program mudik ini merupakan pemudik tetap PAN selama 3 tahun berturut-turut,” jelas Laurens.

Mudik Gratis Bisa Kurangi Jumlah Pesepeda Motor

Kapolda Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno senang dengan adanya program mudik gratis yang digelar sejumlah parpol. Menurut dia, kegiatan itu bisa mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Kami senang manakala arus mudik dan balik tahun ini menjelang penyelenggaraan pemilu. Jadi, banyak parpol yang menawari warga untuk mudik bareng,” kata Putut.

Putut yakin program mudik gratis ini dapat mengurangi angka pemudik yang menggunakan sepeda motor. Ia mengatakan, dari tahun ke tahun, korban lalu lintas saat mudik selalu didominasi pemudik sepeda motor.

Ia memperkirakan hampir 1,5 juta warga Jakarta pulang kampung dengan menggunakan motor. Ia berharap jumlah pemudik sepeda motor setiap tahun semakin berkurang.

Mudik gratis ini juga bisa menekan angka kriminalitas yang biasa terjadi di angkutan umum seperti bius dan hipnotis.  Walaupun begitu, Putut mengingatkan pemudik tetap harus menjaga kewaspadaan.

Kepada warga yang akan mudik,  kepolisian meminta agar mereka menitipkan rumah dan harta benda berharga kepada satpam, RT dan RW. “Kepolisian akan bertindak melakukan patroli di rumah-rumah yang ditinggal oleh penghuninya untuk mudik,” kata Putut.

Polda Metro akan menggelar operasi ketupat yang menjadi kegiatan rutin dalam menyambut lebaran. Dalam kegiatan tersebut, Polda Metro akan menjaga keamanan, kemacetan, kecelakaan lalu lintas, di sepanjang jalan Jakarta dan sepanjang jalan menuju pantura dan pantai selatan.

“Tentu koordinasi dengan Polda-Polda sekitar. Akan dilaksanakan pada H-7 dan H+7 lebaran,” tandas Putut.

Kondisi Jakarta menjelang hari raya Idul Fitri, menurut dia, tergolong kondusif. Pria yang disebut-sebut masuk dalam bursa calon kapolri itu menyebutkan, sudah ada kerja sama antara Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Satpol PP, Dinas Perhubungan DKI, dan Dinas Pariwisata DKI. [Harian Rakyat Merdeka]

Populer

Pernah Bertugas di KPK, Kapolres Boyolali Jebolan Akpol 2003

Senin, 07 Oktober 2024 | 04:21

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

Laksdya Irvansyah Dianggap Gagal Bangun Jati Diri Coast Guard

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:45

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Aduan Kebohongan sebagai Gugatan Perdata

Selasa, 08 Oktober 2024 | 10:03

Selebgram Korban Penganiayaan Ketum Parpol Ternyata Mantan Kekasih Atta Halilintar

Senin, 07 Oktober 2024 | 14:01

Stasiun Manggarai Chaos!

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 13:03

UPDATE

Anak Usaha Telkom Hadirkan DreadHaunt, Gim Bergenre Survival Horror

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:57

PDIP Bisa Dapat 3 Menteri tapi Terhalang Chemistry dengan Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:53

2 Jam 1 Meja

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:40

Dua Mantan Pegawai Waskita Karya Digarap Kejagung

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:38

KPK Sita 7 Mobil dan Uang Rp1 Miliar usai Geledah 10 Rumah

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:24

Bareskrim Bakal Bongkar Puluhan Artis dan Influencer Terlibat Promosi Judol

Rabu, 09 Oktober 2024 | 00:42

Mudahkan Warga Urus Paspor, Imigration Lounge Kini Hadir di Mal Taman Anggrek

Rabu, 09 Oktober 2024 | 00:19

KPK Cekal 5 Tersangka Korupsi Pencairan Kredit Usaha Bank Jepara Artha

Selasa, 08 Oktober 2024 | 23:52

Polisi Tangkap Penyekap Bocah 12 Tahun Selama Seminggu di Kalideres

Selasa, 08 Oktober 2024 | 23:42

KPK Usut Dugaan Korupsi Pencairan Kredit Usaha BPR Bank Jepara Artha

Selasa, 08 Oktober 2024 | 22:52

Selengkapnya