Berita

ilustrasi, Pajero

Bisnis

Pajero Sport Rajai Pasar Kelas SUV

Bukukan Penjualan 13.219 Unit
SABTU, 21 JANUARI 2012 | 08:17 WIB

RMOL.Pajero Sport All Round Family SUV berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di kelas sport utility vehicle (SUV) 4x4. Pajero membukukan penjualan 13.219 unit pada 2011.

Dalam kurun satu tahun, Pa­jero Sport mampu meraih posisi pertama di kelas medium SUV pada bulan Maret 2010. Me­leng­­kapi varian dan memenuhi kebu­tuhan konsumen, PT Krama Yu­dha Tiga Berlian Motor (KTB), distributor resmi Mit­subishi di Indonesia merilis va­rian terbaru, yaitu Pajero Sport Da­kar dan Pajero Sport yang makin disem­purnakan, yaitu Pajero Sport Reloaded.

Tahun 2011, Pajero Sport ter­diri atas lima varian (Dakar 4x4 5A/T, GLX 4x4 M/T, Dakar 4x2 5A/T, Exceed 4x2 A/T, GLS 4x2 M/T). Sukses Mitsubishi di tahun 2011 makin lengkap de­ngan di­raih-nya delapan peng­har­gaan bergeng­si dari media tanah air.

“Hal ini merupakan prestasi sekaligus bukti kualitas dan ke­handalan kendaraan Mit­su­bishi,” ujar Direktur Pemasaran KTB Rizwan Alamsyah di Ja­karta, Selasa (17/1).

Tahun 2011, kata Rizwan, vo­lume penjualan Pajero Sport ter­catat sebanyak 13.219 unit dan pangsa pasarnya mencapai 51,1 persen. Pajero Sport yang dirilis pada Juni 2009 disambut baik masyarakat Indonesia sejak per­tama kali diperkenalkan.

Pajero Sport berhasil meraih empat penghargaan di tahun 2011, yaitu, Most Favorite Diesel Car (Car & Tuning Guide Mag­azine) 2011, Best Diesel SUV ICOTY 2011 (Mobil Motor’s Indonesia), Car of the Year 2011 dan The Best Big SUV  (Auto Bild Indonesia Award 2011). Hingga kini, kata Rizwan, sembilan penghargaan telah diraih Pajero Sport Best Medium SUV-Oto­motif Award 2011.

Selain itu, lanjut Rizwan, KTB juga membukukan pen­ju­al­an ter­tinggi 134.416 unit ken­daraan atau naik 26,2 persen dari 2010. Kini, KTB mengua­sai 15 persen pangsa pasar oto­motif Indonesia, naik dibanding tahun 2010 yang hanya 13,9 persen. Bulan No­vem­ber 2011, KTB berhasil men­capai pen­jualan dua juta unit.

Mitsubishi kembali memper­tahankan posisinya sebagai pe­mimpin pasar pada segmen Com­mercial Vehicle (CV) atau ken­daraan komersial dan Light Com­mercial Vehicle (LCV) atau kendaraan komersial ringan. Tahun 2011, Colt Diesel juga ma­kin mantap sebagai pemim­pin pasar selama 41 tahun. Begitu pula Colt L300 yang mampu bertahan selama 31 tahun.

Tahun 2011, Colt Diesel mem­bukukan penjualan sebesar 54.066 unit dengan per­tumbuhan penjualan 17,6 persen. Sementa­ra Fuso, men­catat total penjualan 5.994 unit dan pertumbuhan pen­jualan 23,3 persen dan Colt L300 membukukan penjualan 28.663 unit dengan pertumbu­han pen­jualan 39, 2 persen.

Untuk Colt T120 ss yang ber­ada di kelas Pick Up Mini Class, tahun 2011 terjual 24.175 unit atau naik  40,6 persen.

Strada Triton berhasil mem­bukukan angka penjualan 8.144 unit atau naik 32 persen. De­ngan 3 pilar penjualannya, yaitu Co­mmercial Vehicle (CV), Light Commercial Ve­hicle (LCV) dan Passenger Car (PC), Mit­subishi kembali mem­per­tahankan posi­sinya sebagai market leader di segment CV dan LCV. [Harian Rakyat Merdeka]



Populer

UPDATE

Selengkapnya