Berita

SEA Games ke XXVI

On The Spot

Laundry Gratis, Menu Makanan Atlet Diganti

Ngintip Hotel Untuk Atlet SEA Games
SABTU, 12 NOVEMBER 2011 | 08:44 WIB

RMOL. Spanduk berukuran sedang dipasang di dinding Hotel Crowne Plaza, Jakarta. “Selamat Datang Peserta SEA Games ke  XXVI Tahun 2011, demikian tulisan di spanduk itu.

Hotel yang terletak di bilangan Semanggi ini menjadi salah satu tempat menginap para atlet yang akan berlaga di pesta olah raga ne­­gara-negara Asia Tenggara.

Dinas Olahraga DKI Jakarta memilih hotel berbintang lima ini karena letaknya tak jauh dari ka­wasan Gelora Bung Karno.

Memasuki lobby, tak terlihat at­ribut SEA Games yang me­nun­jukkan bahwa hotel ini menjadi tempat para menginpa para atlet.

Saat Rakyat Merdeka datang ke sini, sepuluh orang yang terli­hat keluar dari lift. Mereka lalu duduk-duduk di lobby. Semuanya mengenakan jaket merah. Di jaket itu terdapat nama negara, Indonesia dan logo SEA Games XXVI.

Sebuah kartu identitas yang dilengkapi foto tergantung di le­her mereka. Siapa mereka?

“Mereka adalah atlet SEA Ga­mes untuk cabang Kempo yang berasal dari Indonesia,” jelas Dwiretno Nani Yogiastuti, Mar­ke­ting Communications Manager Hotel Crowne Plaza. Para atlet su­dah menginap di sini sejak Se­nin (7/11).

Hotel ini juga menjadi tempat menginap panitia dan juri per­tan­dingan Taekwondo. Sebanyak 50 kamar tipe Superior dan Deluxe sudah dipesan.

Berapa biaya untuk memesan ka­mar-kamar itu? Nani menga­ku tak tahu. “Itu sebenarnya ra­ha­sia yang tidak etis untuk di­sam­paikan. Tapi kalau mengacu pa­da aturan hotel, harusnya tamu yang menginap sudah melaku­kan pem­bayaran minimal 80 persen, apa­lagi untuk pemesanan dalam par­tai besar,” jelasnya.

Menurut Nani, panitia SEA Ga­mes mengajukan sejumlah per­mintaan kepada pihak hotel. Pertama, kawasan hotel harus bebas rokok. “Ini kami penuhi,” katanya. Sebab, ini sesuai Perda Gubernur DKI yang menetapkan hotel sebagai kawasan publik sehingga harus bebas rokok.

Panitia juga mengajukan per­mintaan mengenai menu ma­kanan untuk atlet. “Tapi detailnya seperti apa, saya tak tahu,” kata perempuan berkaca mata itu.

“Karena makanan ini untuk atlet Kempo, saya rasa menu yang dipesan tak aneh-aneh. Apa­lagi yang menginap atlet Kempo Indonesia,” ujar Nani.

Selama ini pihak hotel me­nye­diakan beraneka ragam menu bagi para tamu. “Jadi mereka bisa pilih mau makan apa terserah selera,” kata Nani.

Rakyat Merdeka sempat me­ngintip kamar yang telah dipesan untuk tempat menginap para atlet. Kamarnya terletak di lantai dua dan tiga.

Interior kamar Superior lu­ma­yan luas dan mewah. Sebuah ran­jang ukuran besar ditempatkan di sudut ruangan. Dua meja kecil me­ngapit ranjang. Pesawat tele­pon diletakkan di atas meja itu.

Dua lampu tidur juga mengapit ranjang. Lampu dengan bohlam temaram dipasang di dinding di belakang kepala ranjang.

Fasilitas lainnya televisi, le­mari pakaian, kamar mandi. Harga sewa per malam berkisar Rp 900 ribu sampai Rp 1 juta.

Semarak SEA Games juga terlihat begitu memasuki Hotel Atlet Century Park di kawasan Gelora Bung Karno. Spanduk ucapan selamat datang dipasang di sudut kiri lobby.

Orang-orang yang mengena­kan jaket bertuliskan SEA Games lalu lalang di sini. Ada yang baru turun dari lift. Juga ada yang hendak naik ke naik.

Kamar-kamar di lantai lima sudah dipesan untuk para atlet. Ke luar lift di lantai yang dituju ter­lihat lenggang. Seorang pe­tugas hotel ditempatkan di se­rambi lantai itu.

Setiap orang yang tiba di kamar ini ditanya hendak ke mana dan apa keperluannya.

“Belum ada atlet yang mengi­nap hari ini. Saya dengar, besok pagi kamar-kamar yang ada di lantai ini baru akan diisi oleh para atlet,” jelas petugas tersebut saat ditanya di mana kamar yang dipakai menginap para atlet.

Dia menjelaskan, kamar-kamar di lantai lima ini akan menjadi tem­pat menginap atlet cabang bad­­minton seluruh negara pe­serta. Informasi yang diperoleh Rakyat Merdeka, kamar-kamar di lantai empat dan enam juga sudah dipe­san untuk keperluan SEA Games.

Rakyat Merdeka turun ke lantai empat lewat tangga darurat. Sua­sana di lantai ini berbeda dengan di lantai lima yang lenggang.

Begitu keluar dari pintu darurat yang bersebelahan dengan lift, tampak beberapa orang tengah membangun posko di serambi lantai itu.

Mengenakan kaos berlogo SEA Games, mereka sibuk me­nem­pelkan potongan kertas ber­tu­liskan nama-nama cabang olah­raga. Misalnya, sepak bola, tenis, dan angkat besi.

Di dinding tengah posko ter­pam­pang spanduk besar bertulis­kan “Dengan SEA Games ke XXVI Tahun 2011, Tekad Kita Menjadi Pemenang.”

“Ini merupakan Posko Deputi II yang mengkoordinir wilayah Jakarta. Posko ini bertugas untuk melakukan monitoring terhadap hasil pertandingan dan mela­por­kannya pada Deputi I yang ada di Hotel Sultan,” kata Wahyu Yuniar yang mengaku komandan posko.

Apakah ikut mempersiapkan kebutuhan para atlet? Dengan lugas Wahyu mengatakan, posko ini tidak ada kaitannya dengan teknis dan persiapan bagi para atlet selama SEA Games.

Muhidin, Concierage Hotel Atlet Century Park mengatakan, ka­mar-kamar di sini sudah dipe­san untuk tempat tinggal atlet.

“Totalnya ada 90 kamar yang dipesan oleh pihak panitia untuk menjadi tempat menginap para atlet untuk cabang badminton dari seluruh negara. Rencananya besok (hari ini-red), para atlet baru akan meng­gunakan kamar­nya,” jelasnya.

Pria yang memakai seragam hitam itu mengatakan, dari 90 ka­mar yang dipesan, 80  di antaranya bertipe Superior. Sisanya Deluxe.

Berapa tarif sewa kamar-ka­mar itu? Kamar Superior bertarif Rp 726 ribu semalam. Sedang­kan tarif ke­las Deluxe lebih dari Rp 800 ribu. 90 kamar ini su­dah dipesan sejak dua hari lalu.

“Tapi sebenarnya kamar-kamar di lantai dua sampai empat, dari Minggu kemarin sudah dipakai atlet SEA Games. Tapi saya tidak tahu, itu atas nama institusi apa pihak pemesannya. Kalau dari panitia itu yang 90 kamar di lantai lima dan enam,” jelas Muhidin.

Apakah kamar-kamar itu sudah dibayar? Kata dia, kalau mengacu aturan hotel setiap kamar yang dipesan atau akan ditempati, sudah dibayar lebih dulu. Namun berapa persentase pelunasannya, Muhidin tidak tahu.

Ia mengatakan, tak ada persia­pan khusus untuk menyambut ke­datangan para atlet yang akan berlaga di SEA Games.

“Ini bukan kali pertama hotel kami dipakai untuk tempat me­nginap para atlet. Jadi sudah bia­sa. Tidak ada yang baru apalagi berlebihan kami berikan. Semua yang kami berikan dan lakukan, itu sudah sesuai dengan standar hotel,” jelasnya.

Begitu pula dengan standar pe­ngamanan. Tak ada upaya pe­n­ja­gaan yang berlebihan. Khusus untuk atlet diberikan layanan cuci baju (laundry) gratis. Maksimal satu pasang setiap hari.

Tawarkan Empat Paket Tur Gratis

Pemerintah DKI mencoba memanfaatkan SEA Games untuk untuk mempromosikan tempat-tempat pariwisata di Ja­karta. Peserta SEA Games dari berbagai negara akan diajak bertamasya ke tempat-tempat itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengatakan, pihak­nya menyediakan empat paket tur dalam kota (city tour) gratis untuk para atlet SEA Games.

“Paket tur ini merupakan ben­tuk keramahtamahan Ja­karta terhadap para atlet, se­ka­ligus upaya untuk me­ning­kat­kan promosi pariwisata di Ibu­kota,” kata Arie.

Menurut Arie, di tiap hotel tem­pat para atlet menginap, Dinas Pariwisata dan Ke­bu­da­ya­an DKI menyediakan sebuah bus dengan empat paket tur yang bisa dinikmati para atlet. “Busnya untuk 48 orang, ada satu orang guide (pen­dam­ping),” jelasnya.

“Atlet boleh memilih  satu dari empat pilihan paket tur se­tiap harinya. Ada wisata Kota Tua, wisata Monas, wisata Ta­man Mini, dan Ancol,” tambahnya.

Selain itu, kata Arie, para atlet SEA Games juga akan diajak ke pusat-pusat perbelan­jaan ternama di Jakarta.

“Kalau dari wisata Kota Tua, kami ajak mereka ke Mangga Dua. Ini kan memperkenalkan kota kita juga. Paket wisata itu dimulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB mulai 14-22 No­vember 2011,” jelasnya.

Jenderal Bintang Tiga Pimpin Pengamanan

Polri mengerahkan 11.163 personel untuk mengamankan pesta olah raga SEA Games XXVI yang berlangsung mulai 6 November 2011 ini. Belasan ribu aparat itu akan tergabung dalam tim pengamanan khusus SEA Games.

“Pengamanan SEA Games ke-26 tahun 2011 Dasar sudah jelas Keppres Nomor 3 tahun 2010. Sedangkan untuk Polri dibentuk tim pengamanan khu­sus, dimana kita melibatkan pe­nga­manan 11.163 aparat,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Saud Usman Nasution.

Dia menjelaskan, sebanyak 236 aparat berasal dari Mabes Polri, 2.835 orang dari Polda Sumatera Selatan, Polda Metro Jaya menurunkan 6.446 per­sonil, dan Polda Jawa Barat 1.596 orang.

Selain itu, Polri akan dibantu Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang mengirimkan 5.700 personel dan  Satuan Polisi Pa­pong Praja DKI Jakarta seb­a­nyak 2.700 personel.

Mereka akan melakukan sejumlah tugas pengamanan SEA Games, seperti sterilisasi dan penegakan hukum. “Ke­giatan meliputi kegiatan deteksi dan sterilisasi, penjagan, pe­nga­man, patroli, penegakan hukum serta jaringan komunikasi.

Untuk operasi pengaman ke­palanya Kabaharkam Polri da­n wakilnya Kakorlantas Polri,” jelas Saud. Kepala Badan Pe­meliharaan Keamanan (Ka­bar­har­kam) Polri ditempati jen­deral bintang tiga atau komi­saris jenderal.

Bekas Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri itu me­lanjutkan, penanggung ja­wab pengamanan di daerah adalah masing-masing kapolda, yaitu Kapolda Sumsel, Kapolda Metro Jaya, dan Kapolda Jawa Barat. [Harian Rakyat Merdeka]


Populer

Aduan Kebohongan sebagai Gugatan Perdata

Selasa, 08 Oktober 2024 | 10:03

Pernah Bertugas di KPK, Kapolres Boyolali Jebolan Akpol 2003

Senin, 07 Oktober 2024 | 04:21

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

PDIP Bisa Dapat 3 Menteri tapi Terhalang Chemistry Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:53

Laksdya Irvansyah Dianggap Gagal Bangun Jati Diri Coast Guard

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:45

Bakamla Jangan Lagi Gunakan Identitas Coast Guard

Rabu, 09 Oktober 2024 | 06:46

Prabowo Sudah Kalkulasi Chemistry PDIP dengan Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 02:35

UPDATE

Penyelundupan BBL Senilai Rp13,2 Miliar Berhasil Digagalkan di Batam

Jumat, 11 Oktober 2024 | 03:39

Perkuat Konektivitas, Telkom Luncurkan Layanan WMS x IoT

Jumat, 11 Oktober 2024 | 03:13

Pesan SBY ke Bekas Pembantunya: Letakkan Negara di Atas Partai

Jumat, 11 Oktober 2024 | 02:49

Wasit Ahmed Al Kaf Langsung Jadi Bulan-bulanan Netizen Indonesia

Jumat, 11 Oktober 2024 | 02:21

Fraksi PKS Desak Pemerintah Berantas Pembeking dan Jaringan Judol

Jumat, 11 Oktober 2024 | 02:00

Jenderal Maruli Jamin Pelantikan Prabowo-Gibran Tak Ada Gangguan

Jumat, 11 Oktober 2024 | 01:47

Telkom Kembali Masuk Forbes World’s Best Employers

Jumat, 11 Oktober 2024 | 01:30

Indonesia Vs Bahrain Imbang 2-2, Kepemimpinan Wasit Menuai Kontroversi

Jumat, 11 Oktober 2024 | 00:59

AHY Punya Kedisiplinan di Tengah Kuliah dan Aktivitas Menteri

Jumat, 11 Oktober 2024 | 00:38

Mantan Panglima Nyagub, TNI AD Tegaskan Tetap Netral di Pilkada 2024

Jumat, 11 Oktober 2024 | 00:17

Selengkapnya